|
Agenda Kegiatan
  • View On Google Maps

Kepala Bagian Hukum Menyerahkan Piagam Penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia Kepada Bupati dan Wakil

Senin, 17 Desember 2018 - 09:34:10 WIB

Lahat - Peduli HAM adalah upaya pemerintah daerah kabupaten /kota untuk meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia. Penetapan kabupaten / kota peduli HAM dilaksanakan sebagai implementasi Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia no.34 th.2016 tentang perubahan atas peraturan menteri hukum dan hak asasi manusia no.25 th. 2013 tentang kreteria kabupaten / kota peduli HAM.

Berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Ham nomor: M.HH-01.HA.02.02 Tahun 2018 tentang penetapan Kabupaten / Kota peduli HAM tahun 2017, Kabupaten Lahat ditetapkan sebagai salah satu kabupaten peduli HAM. Penghargaan diserahkan pada puncak acara peringatan hari HAM sedunia ke - 70, Pada Hari Selasa Tanggal 11 Desember 2018 bertempat di Kementerian Hukum dan HAM RI, yang dihadiri Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla bersama Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly dan jajaran pejabat kementerian Hukum dan HAM.

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Lahat mengatakan pada tahun  2018 ini,  dari 514 Kabupaten / Kota di Indonesia, tercatat ada 409 Kabupaten / Kota yang telah berpartisipasi menyampaikan data capaian terkait upaya pemenuhan hak dasar yang telah dilaksanakan. Dari jumlah partisipan tersebut, ada 271 Kabuapten / Kota yang meraih kategori Peduli HAM, dan yang masuk kategori Kabupaten / Kota cukup peduli HAM ada 75 Kabupaten / Kota, Alhamdulillah Kabupaten Lahat termasuk dalam Kategori Peduli HAM.